Tuesday, 22 December 2015

SKETCH EXERCISE AS A FUN HANDJOB |Page 2|


:: TUTORIAL [2] ::
|Melindungi Gambar|Metode Grid|
Gunakan alas kertas


|VERSI INDONESIA|
Tutorial, eh.. tips kali ini singkat saja. Pada saat awal-awal menggambar dengan pensil dulu aku sering merusak hasil karya aku sendiri bahkan sebelum karya itu selesai. Semuanya karena tangan saya sendiri yang menggesek arsiran pensil di atas kertas.
Untuk menghindari hal tersebut, cukup gunakan tisu atau kertas buram untuk dijadikan alas tangan anda yang memegang pensil. Kertas tersebut bisa berukuran kecil seukuran kepalan tangan atau selebar kertas gambar anda. Tips lain, mulailah menggambar dari sisi kiri kertas gambar, sehingga tangan anda tidak menyentuh bagian gambar yang telah tergores di atas kertas.


|ENGLISH VERSION|
Tutorial is now faster.. At the time of the early drawing with pencil I used to undermine the work of myself even before the work was finished. All because of my own hand that swipe shaded pencil on paper.
To avoid this, use a tissue or paper sufficiently opaque to be used as the base of your hand holding the pencil. The paper can be small fist-sized or wide as your drawing paper. Another tip, start drawing from the left side of the drawing paper, so that your hands do not touch the image that has been etched on paper.


|Melindungi Gambar|

Gunakan alas kertas
Gunakan alas kertas

Kertas gambar akan terlindung dari gesekan tangan
Kertas gambar akan terlindung dari gesekan tangan

Mulai menggambar dari sisi kiri kertas gambar
Mulai menggambar dari sisi kiri kertas gambar

|Metode Grid|

grid-method

|VERSI INDONESIA|
Gambar di atas aku ambil dari buku How to Draw Lifelike Portraits From Photograph karya Lee Hammond. Metode grid yang akan saya jelaskan adalah tahap 1 dan tahap 2 dalam gambar di atas.

|ENGLISH VERSION|
The above picture I took from the book How to Draw Lifelike Portraits From Photograph work of Lee Hammond. Grid method that I will explain is the stage 1 and stage 2 in the picture above.


karisma-seni.blogspot.com


|VERSI INDONESIA|
Di antara teman-teman ada yang ingat dulu waktu masih duduk di bangku SD atau SMP pernah membuat peta di atas kertas kalkir dalam pelajaran geografi? Agar bentuk pulau yang dibuat akurat perlu dibuat kotak-kotak atau garis bantu baik di peta yang dijadikan referensi ataupun di atas kertas kalkir tersebut. Prinsip metode ini sama seperti cara membuat peta tersebut.
Mungkin ada yang berpendapat “Ah, kalo kayak gitu aku juga bisa” atau “Ini cara curang dalam menggambar”. Ketahuilah teman-teman, metode ini hanyalah alat bantu. Sama seperti kita menggunakan penggaris untuk membuat garis lurus, atau menggunakan pen tools dalam Adobe Photoshop. Tidak ada yang salah dengan menggunakan metode ini. Bahkan Leonardo Da Vinci pun menggunakan metode grid dalam membuat karya seni atau penelitiannya.
Kita mulai saja ya…
Pertama, tentukan foto referensi yang akan digambar. Dalam membuat lukisan foto saya selalu menyeleksi foto referensi. Untuk satu objek gambar, minimal aku memerlukan 3 foto untuk saya pilih salah satu. aku pilih foto yang resolusinya besar, gambarnya jelas (tidak blur), dan memiliki kontras yang tinggi (perbedaan gelap terangnya jelas).

|ENGLISH VERSION|
does anyone remember once when I was in elementary school or junior high once made on tracing paper maps in geography lesson? In order to form the island made an accurate need to be made boxes or both help lines on the map that is used as a reference or above the tracing paper. The principle of the method is the same as how to create the map.
Maybe there who think "Ah, if I could be like that" or "It's a way of cheating in drawing". Know friends, this method is just a tool. Just as we use a ruler to make a straight line, or use the pen tools in Adobe Photoshop. There is nothing wrong with using this method. Even Leonardo Da Vinci was using the grid method in making art or research.
We begin, yes ...

First, determine the reference photographs that will be drawn. In making my photo painting always selects the reference picture. For one object image, I need a minimum of 3 photos for my select one. I select the image resolution is great, the picture is clear (no blur), and has a high contrast (difference in brightness clear dark).

Yamapi-reference
Yamapi-reference-gridded
yamapi-one-cell
yamapi-wip1-resize
yamapi-wip1-cleaned1



TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA MOHON KRITIK DAN SARAN
THANK YOU'VE READ PLEASE FEEDBACK AND SUGGESTIONS



Sunday, 20 December 2015

SHIPPING CONTAINERS DESIGN


:: ARCHARTISTIVISU ::


Big Container Homes

|VERSI INDONESIA|
YUPZ, hello BRA!!!! kali ini kita akan membahas tentang RUMAH KONTAINER atau istilah bahasa asingnya "SHIPPING CONTAINERS DESIGN". Menurut kajian literatur aku bahwa pengertian RUMAH KONTAINER adalah rumah yang terbuat dari kontainer (ITU SUDAH JELAS !!) tapi tipe gaya rumah yang terlihat sangat berbeda dari gaya rumah lainnya. mengapa berbeda? karena rumah kontainer Ini dapat dilihat keunikannya  dan memiliki nilai seni tinggi, seperti bahan yang digunakan sangat berbeda dari gaya rumah lainnya, lalu fungsi kontainer yang biasanya digunakan sebagai wadah penyimpanan di rancang menjadi rumah serta bentuknya yang secara simetris seperti blok dapat digabungkan menjadi satu persatu seperti puzzle.

|ENGLISH VERSION|
Yupz, hello BRA !!!! This time we will discuss about HOUSE CONTAINER or foreign language term "SHIPPING CONTAINERS DESIGN". According to the literature review I that sense CONTAINER HOUSE is a house made of container (WAS ALREADY CLEAR !!) but the type style house that looks very different from the style of other houses. why is it different? because the house containers It can be seen in its uniqueness and has high artistic value, such as the materials used are very different from the style of other houses, then the function of container that is usually used as a storage container designed to be home and form symmetrically such blocks can be combined into one by one like puzzle.

20-Foot Shipping Container Floor Plan Brainstorm | Tiny House Living:

|VERSI INDONESIA|
Bangunan dengan menggunakan konsep kontainer ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah standarisasi pengukuran. Karena pada konstruksi, kontainer mempunyai ukuran yang standar untuk berbagai macam model. Berbagai macam ketinggian bangunan, struktur kontainer dirancang untuk ketinggian hingga mencapai 12 kali dari sebuah kontainer tersebut. Dimana hal ini memungkinkan kita untuk dengan mudah membuat satu bangunan dengan berbagai fungsi dan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan.
Pengiriman dan pengkonstruksian yang cepat, yang tak diragukan lagi adalah satu dari beberapa keuntungan menggunakan kontainer untuk bangunan kamu. Konstruksi bangunan dengan logam inilah yang membuat pengerjaan lebih cepat, karena tidak membutuhkan proses pengeringan pada konstruksi seperti bangunan konvensional pada umumnya, Waktu pengiriman kontainer dimulai dari tahao awal pembangunan dan akan meningkat sesuai dengan kompleksitas yang ada pada desain. Menghemat biaya. Struktur bangunan yang menggunakan kontainer tergolong murah dan dengan proses penempatan kontainer yang cepat pada area proyek, dapat mengurangi biaya untuk membayar pekerja. Hal ini membuat sebuah rumah murah dengan desain yang sesuai permintaan kamu. Adaptasi, karakteristik struktur yang kuat ini memudahkan struktur bangunan kontainer beradaptasi dengan segala medan.

|ENGLISH VERSION|
Buildings using container concept has several advantages, including the standardization of the measurement. Because of the construction, the container has a standard size for the various models. Various kinds of building height, the container structure is designed for up to 12 times the height of a container. Where it allows us to easily create a single building with a wide range of functionality and usability as needed.

And constructing a fast delivery, which undoubtedly is one of the few advantages of using containers for your building. Construction of the building with metal that makes the work more quickly, because it does not require drying process on construction as conventional buildings in general, container delivery time starts from the beginning tahao development and will increase according to the complexity of the existing design. Save costs. Structures using relatively cheap container and the container rapid placement process in the project area, can reduce the cost to pay workers. This makes a low-cost housing with a design according to your request. Adaptation, the characteristics of a strong structure makes it easier bangunan container structures adapt to any condition.

I Had No Idea Shipping Containers Could Look So Good:


|VERSI INDONESIA|
Memungkinkan memudahkan kamu untuk memindahkan struktur bangunan. Kontainer telah di rancang untuk sebuah transportasi yang mudah untuk distribusi internasional. Dimana ini juga berarti memungkinkan kamu dapat memindahkan tempat tinggal sesuai dengan mobilitas kamu. Ketahanan dan struktur yang ringan. Struktur bangunan yang menggunakan kontainer ini mempunyai berat yang lebih ringan dan memberikan daya tahan yang lebih tinggi daripada struktur konvensional yang di buat dengan baja atau beton. Ini adalah keuntungan besar terhadap kemungkinann terkena bencana seperti gempa bumi. Isolasi untuk menghadapi kondisi cuaca. Kontainer dipersiapkanuntuk kondisi yang keras dari transportasi laut. Selain itu proses unik isolasi yang kamu lakukan membuat mereka sangat tahan terhadap cuaca, melindungi bagian dalam dari panas, dingin atau pun lembab.

|ENGLISH VERSION|
Allows you to move the structure. The container has been designed for an easy transport for international distribution. Where it also means that allows you to move the residence in accordance with your mobility. Durability and lightweight structures. Structures using this container has a lighter weight and provide higher durability than conventional structures are made with steel or concrete. This is a big advantage against kemungkinann affected by disasters such as earthquakes. Insulation to weather conditions. Containers dipersiapkanuntuk harsh conditions of marine transportation. Besides the unique process of insulation you do make them highly resistant to weather, protects the inside of heat, cold or humid.

|VERSI INDONESIA|
Ekspansi yang mudah. Modularitas adalah kunci pada aspek ini. Jika kamu ingin meningkatkan permukaan rumah atau kantor kamu, dengan struktur kontainer ini menjadikannya lebih mudah dan ekonomis untuk dilakukan. Untuk faktor lingkungan, pengelolaan emisi limbah dan CO² telah menjadi masalah di masyarakat kita. Penggunaan kontainer daur ulang bisa mengurangi penggunaan bahan baku material, menghemat energi dan mengurangi emisi CO². Bangunan menggunakan kontainer hampir tidak memerlukan pemeliharaan. Selain itu, beberapa hasil dari para ahli akan menyarankan kamu untuk menggunakan energi terbarukan untuk membuat rumah kamu sepenuhnya rumah yang ramah lingkungan. Bangunan menggunakan kontainer dapat di konfigurasi dan disesuaikan karena sifatnya yang terbuka dan modular, tempat tinggal yang kamu inginkan bisa diatur sesuai kebutuhan dan kemampuan ekonomi pelanggan.

|ENGLISH VERSION|
Expansion easy. Modularity is key in this aspect. If you want to increase the surface of your home or office, with the structure of these containers make it easy and economical to do. For environmental factors, management of waste and CO² emissions has become a problem in our society. The use of recycled containers can reduce the use of raw materials, save energy and reduce CO² emissions. Buildings using container requires almost no maintenance. In addition, our experts will advise you to use renewable energy to make your home eco-friendly home entirely. Building use containers can be configured and customized due to its open and modular, you want a place to stay can be arranged according to the needs and capabilities of the customer economy.

DNNcontainerDNNcontainer

|VERSI INDONESIA|

Penggunaan Bahan Daur Ulang atau Berkelanjutan
ada jutaan pengiriman kontainer kosong mengotori pelabuhan dunia. Kontainer yang tidak lagi digunakan untuk mengirim barang, adalah bahan utama untuk rumah kontainer. Ini adalah kehidupan kedua untuk wadah tersebut, yang menyebabkan pengurangan konsumsi energy dan selanjutnya penurunan emisi rumah kaca. Karena kita tidak akan menggunakan sumber daya baru bila kita membeli rumah kontainer, kita akan membeli sebuah rumah yang terbuat dari bahan daur ulang.

Kecepatan Konstruksi  Bangunan
Membangun rumah kontainer sangat mirip dengan membangunrumah, menggunakan kotak cocok. Kita hanya perlu untuk memotonglubang untuk jendela dan pintu, tambahkan isolasi dan lantai maka pola rumah sudah siap. Konstuksi waktu dikatakan 25% lebih pendek dibandingkan dengan prosedur bangunan tradisional.Rumah kcontainer dapat disatukan atau digabungkan dengan sangat cepat, membuat rumah kontainer solusi tepat untuk tempat penampungan besar dalam situasi darurat, misalnya ketika rumah-rumah hancur karena banjir, gempa bumi, atau badai

Biaya Konstruksi Container
Total biaya rumah kontainer  diperkirakan akan jauh lebih rendah daripada biaya rumah tradisional dengan luasan bangunan yang sama. Diluar Negeri satu menggunakan kontainer 40 kaki  panjang dan 8 kaki lebar mungkin biaya sekitar 900-1100 USD. Bahkan ketika menggunakan wadah prefabrikasi, seperti blok SG senilai 9000-12000 USD per 1 blok, total biaya rumah kontainer  masih tetap rendah. Hitungan biaya untuk tahap penyelasaian, tentunya tergantung material yang digunakan.

Desain Fleksibel atau Mudah di Upgrade
kontainer bersifat modular maka dapat ditumpuk di atas satu sama lain atau berdampingan dan dimodifikasi bentuknya, sesuai dengan desain yang diinginkan untuk menciptakan ruangan yang lebih besar. Satu sama lain dinding dapat dihilangkan untuk menambah ruang interior rumah.Selanjutnya rumah kontainer dapat diubah setiap saat di masa depandengan cara yang cukup mudah dan cepat.Ada beberapa ukuran kontainer yang biasanya dipakai untuk membuat rumah atau bangunan yaitu 40 kaki dan 20 kaki.Container 40kaki memiliki dimensi panjang 12,19 meter, lebar 2,44 meter,  dan tinggi2.59 meter. Sedangkan yang 20 kaki memiliki dimensi panjang 6 meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,59 meter.

Kuat  dan Tahan  Lama
Kontainer terbuat dari struktur baja kaku mereka memiliki struktur yang  kokoh  persegi dan membuat mereka mudah untuk  disusun ,Kontainer  telah dibuat dari besi baja dan unsure lainnya yang berguna untuk menahan unsur-unsur perjalanan laut, seperti angin kencang, hujan deras, badai, dll. Jadi, dengan  menggunakan  wadah tersebut menyediakan kerangka kerja yang sangat kuat dan tahan lama untuk membangun. Hal ini berarti bahwa rumah kontainer tidak akan bocor, akan berdiri untuk kondisi cuaca ekstrim, tahan api, mampu menahan badai dan gempa bumi. Bahkan saat ini ada inovasi yang bisa membuat kontainer yang terbuat dari bahan dasar besi tersebut tidak kena dampak korosi.

Mudah Relokasi atau Mudah diangkut
Rumah kontainer dapat relative mudah diangkut ke tempat lain.kontainer dirancang untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, sehingga tidak akan menjadi masalah untuk membongkar rumah dan memindahkannya  ketempat baru.  Jika kita memutuskan untuk berkemas dan berpindah tempat,  kita dapat membawa pindah rumah kontainer yang telah kita buat, bahkan bila kita jenuh dengan settingan  yang sudah ada dan ingin ada perubahan pemandangan maka bisa dengan mudah dipindah atau digeser.

Perlindungan dan Ramah Lingkungan
Dengan kontainer didaur ulang dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan berkurang, tidak perlu memotong banyak   pohon atau menghabiskan banyak energi untuk membangun rumah. Selain itu pemilik rumah tersebut sering memilih sumber-sumber energy alternatif, seperti panel surya atau pompa  panas, demikian juga berkontribusi terhadap perlindungan lingkungan.
Rumah kontainer ini adalah solusi perumahan yang mengurangi resiko bencana banjir dan kurangnya persediaan air tanah,sebab rumah kontainer tidak membuat lahan resapan air tanah berkurang karena rata-rata dan sangat disarankan rumah kontainer ini dibangun diatas tanah (seperti rumah panggung)

Tahan terhadap kerusakan akibat serangga
Kontainer terbuat dari baja, sehingga tidak perlu takut akan kerusakaan yang diakibatkan oleh serangga. Karena banyak kelebihan dari rumah kontainer semakin banyak orang yang membeli rumah kontainer di seluruh dunia. Negara-negara pengguna rumah kontainer, antara lain : Belanda, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Eropa Utara, Perancis, dan Taean di Chungcheong Selatan. Indonesia pun sudah menggunakan namun masih kurang publikasi, sehingga pemakaian nyata dilapangan masih sulit ditemukan.

RUMAH KONTAINER PRODUKSI WAJIB DIPILIH
  • Bahan baku container pilihan melalui proses yang benar untuk mutu yang terbaik dan tahan lama. penghilangan karat dan cat lama.
  • membangun kembali dengan bahan-bahan yang berkualitas. penggunaan perangkat tambahan untuk menambahkan kenyamanan   bertempat tinggal, mutu rumah kontainer  berumur panjang dan hasil yang maksimal.
  • Desain yang menyesuaikan kebutuhan yang tidak meninggalkan unsur keindahan.
  • Harga yang competitive dan lebih hemat .
  • Ramah dan lebih bersahabat dengan lingkungan.


|ENGLISH VERSION|

Use of Recycled Materials or Sustainable
There are millions of empty shipping containers littering the ports of the world. Containers that are no longer used to send the goods, is a key ingredient for home containers. It is a second life for the container, which led to a reduction in energy consumption and the subsequent reduction in greenhouse emissions. Because we are not going to use the new resources if we buy container house, we would buy a house made from recycled materials.

Speed ​​Building Construction
Building a container house is very similar to membangunrumah, using a suitable box. We just need to memotonglubang for windows and doors, add insulation and flooring, the pattern of the house is ready. Construction purposes 25% said time is shorter than the procedure kcontainer tradisional.Rumah building can be put together or combined with a very fast, making home containers right solution for large shelters in emergency situations, for example when the houses were destroyed by floods, earthquakes, or hurricanes

Construction costs Container
The total cost of the container house is expected to be much lower than the cost of a traditional house with an area of ​​the same building. State outside of the containers 40 feet long and 8 feet wide may cost about 900-1100 USD. Even when using prefabricated containers, such as blocks SG worth of 9000 to 12,000 USD per 1 block, the total cost of container houses still remain low. Count the cost to the stage for resolution, of course, depending on the material used.

Flexible design or Easy Upgrade
modular containers that can be stacked on top of each other or side by side and modified form, in accordance with the desired design to create a larger space. One another wall can be removed to increase interior space rumah.Selanjutnya container house can be changed at any time in the future depandengan fairly easy way and cepat.Ada several sizes of containers that are usually used to make the house or building that is 40 feet and 20 kaki.Container 40kaki has dimensions of 12.19 meters long, 2.44 meters wide, and tinggi2.59 meters. While the dimensions of 20 feet has a length of 6 meters, width of 2.4 meters and height of 2.59 meters.

Strong and Durable
Containers made of rigid steel structure they have a sturdy structure square and make them easy to be arranged, the container has been made out of iron and other elements useful for withstand the elements of sea travel, such as strong winds, heavy rain, storms, etc. Thus, by using these containers provide a framework that is very strong and durable to build. This means that the home containers will not leak, will stand up to extreme weather conditions, fire resistant, able to withstand hurricanes and earthquakes. Even today there are innovations that can make a container made of an iron base material is not affected by corrosion.

Easy relocation or easily transported
Home containers can be relatively easily transported to a place lain.kontainer designed to be moved from one place to another, so it will not be a problem to dismantle the house and move it to place new. If we decide to pack up and move, we can bring home to move containers that we have made, even if we are saturated with existing settings and want a change of scenery then it can easily be moved or shifted.
Protection and Environmentally Friendly
With containers recycled negative impact of human activities on the environment is reduced, no need to cut a lot of trees or spend a lot of energy to build a house. Besides these home owners often choose alternative energy sources, such as solar panels or heat pumps, as well as contributing to environmental protection.
This container house is a housing solution that reduces the risk of floods and lack of groundwater supplies, because the house did not make the container catchment area is reduced because the average and strongly recommended container house is built on the ground (like a house on stilts)

Resistant to damage by insects
Containers made of steel, so it does not need to fear the damage caused by insects. Because many of the advantages of container houses more and more people are buying homes containers worldwide. Countries containers home users, among others: the Netherlands, New Zealand, USA, Canada, Italy, Northern Europe, France and Taean in South Chungcheong. Indonesia was already in use but still less publicity, so the actual usage in the field is still hard to find.

HOUSE CONTAINER PRODUCTION OF SELECTED MANDATORY
  • The raw material container through the correct choice for the best quality and durable. removal of rust and old paint.
  • rebuild with quality materials. the use of additional devices residing for added comfort, the quality of long-lived container houses and maximum results.
  • Designs that match the needs that do not leave the element of beauty.
  • Prices are competitive and more efficient.
  • Friendly and more friendly to the environment.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA MOHON KRITIK DAN SARAN
THANK YOU'VE READ PLEASE FEEDBACK AND SUGGESTIONS

Tol Bali Mandara - Bali, indonesia : Tol terindah didunia


Jalan Tol Bali Mandara 




|VERSI INDONESIA|

Bali, negeri para dewa. Magnet wisata andalan yang sudah mendunia. Terkenal karena keelokan alam dan kentalnya tradisi yang tak tergoyahkan jaman. Tak heran, ratusan bahkan ribuan wisatawan domestik dan mancanegara tiap hari  menjelajah sudut-sudut Pulau Bali. Akhirnya, Pulau Bali terutama jalan-jalan di Bali Selatan macet. 

Jalan Tol Bali Mandara adalah nama jalan tol pertama yang ada di Bali atau malah sebagai jalan Tol terapung pertama di Indonesia. Membentang sepanjang 12,7 km diatas laut, jalan tol ini terbilang unik dibanding jalan tol yang ada di Indonesia karena satu-satunya tol yang ada jalur sepeda motornya di ruas sisi kiri dan kanan. Panjang jalan tol di Bali ini hampir sama dengan Penang Bridge di Malaysia yang panjangnya mencapai 13,5 km, atau Union Bridgesepanjang 12,9 km di Kanada.


Untuk mengurai kemacetan di Bali Selatan bukan perkara mudah. Banyak hal yang menjadi kendala. Ketersediaan lahan di daratan demikian terbatas. Kadang pula membangun infrastruktur harus mempertimbangkan kearifan lokal yang harus terjaga. Maka, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU) , Kementerian BUMN dan Pemerintah Provinsi Bali serta Kabupaten Badung telah melakukan terobosan yang hebat dan luar biasa. Membangun Underpass dan mahakarya jalan tol di atas laut.

Underpass Simpang Dewa Ruci

Salah satu titik kemacetan terparah di Bali adalah di Simpang Dewa Ruci. Disebut Simpang Dewa Ruci karena di tengah persimpangan ini berdiri kokoh patung Dewa Ruci. Di titik ini sering terjadi penumpukan kendaraan yang keluar masuk ke objek wisata pantai Kuta. Untuk mengatasi kemacetan itu, pemerintah Bali membangun Underpass menghubungkan jalur dari Bandara Ngurah Rai menuju Sunset Road, dan sebaliknya. Masing-masing dibuat dua jalur.

Underpass Simpang Dewa Ruci yang menelan anggaran Rp. 148,3 milyar lebih benar-benar berfungsi optimal. Keruwetan dan kemacetan yang biasanya terjadi sudah tidak terlihat lagi. Saat saya melewati Underpass ini menuju Sunset Road, nampak motor dan mobil demikian nyaman melenggang di kawasan ini. Hebatnya,  para perancang Underpass ini benar-benar sangat menjaga nilai-nilai tradisi dan kepercayaan masyarakat Bali. Patung Dewa Ruci  tetap in situ. Tidak bergeser sedikitpun walaupun disekitarnya diadakan rekayasa jalan raya yang cukup rumit.


14011155741438806755

14011163981089684642


Triangle Connection

Keluar dari Underpass Dewa Ruci, Jalan tol  ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai jembatan di atas laut. Panjangnya 12,7 kilometer. Sekitar 10 kilometer ada di atas laut. Ini adalah tol di atas laut pertama yang ada di Indonesia. Sekaligus merupakan mahakarya anak bangsa yang sangat luar biasa dan menjadi tonggak sejarah dalam pembangunan infrastruktur jalan raya di Indonesia. Konon, konstruksi yang serupa dengan jalan tol Bali ini bisa dijumpai di Malaysia (Penang Bridge panjangnya 12,9 Km) dan di Kanada (Union Bridge panjangnya 13,5 Km). Kelebihan lainnya, Tol Bali ini juga menyediakan jalur khusus pengendara sepeda motor.


Jalan Tol Bali, dibangun untuk menghubungkan segitiga emas (Triangle Connection) Bali. Yakni Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa dan kawasan wisata Nusa Dua. Selama ini jalur menuju Nusa Dua tumplek blek di By Pass I Gusti Ngurah Rai. Akibatnya jalan pun overload. Maka, kemacetan terjadi dimana-mana. Solusinya, jika segitiga emas itu terhubung maka arus wisatawan dari Bandara Ngurah Rai menuju sudut-sudut Bali akan lebih lancar. Kegiatan distribusi dan mobiltas barang keluar dan masuk Bali di pelabuhan Benoa juga makin dinamis.  Sekaligus diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya. Begitu pula dengan kawasan wisata Nusa Dua akan lebih nyaman sebagai destinasi wisata di Bali Selatan. Sekaligus tempat yang ideal untuk menghelat kegiatan-kegiatan pariwisata maupun kegiatan pemerintahan yang bersifat nasional dan internasional.


Green, Strong & Beautiful 

Sesaat setelah masuk Jalan Tol Bali, saya melihat bahwa megaproyek ini benar-benar luar biasa. Sungguh membanggakan dan seakan tidak dapat dipercaya jika desain dan konstruksi jalan tol ini 100 persen adalah karya putra terbaik bangsa. Ini membuktikan dibidang pembangunan jalan dan jembatan di atas laut, Indonesia sangat baik.

Jalan Tol Bali, dibangun oleh konsorsium 7 BUMN dibawah koordinasi PT Jasa Marga Bali Tol. Konsep yang diusung adalah Green, Strong & Beautiful. Konsep Green, setidaknya keberadaan jalan Tol Bali ini diharapkan tetap ramah lingkungan. Maka tak kurang dari 16 ribu bibit mangrove telah ditanam kembali di sekitar jalan tol. Diharapkan, suatu saat di kanan kiri jalan tol akan tampak ijo royo-royo. Strong, kualitas pekerjaan harus dinomor satukan. Bahan-bahan yang digunakan harus teruji dan awet umurnya. Beautiful, tol Bali  selain  jadi ikon konstruksi yang hebat harus tampil pula sebagai ikon pariwisata yang elok dimata dunia.


Demi kualitas,  jalan tol Bali melibatkan kontraktor handal di tanah air. Untuk mempercepat proses, maka paket pengerjaan jalan tol Bali dibagi 4 paket. Adi Karya mengerjakan paket I. Waskita Karya mengerjakan paket II dan IV. Hutama Karya kebagian paket III.  Masing-masing paket  pekerjaan dilakukan secara paralel dan simultan. Totalnya menyerap dana sekitar 2,5 triliun. Masing-masing kontraktor mensurvey, merencanakan desain dan teknis serta membangun sendiri-sendiri sesuai dengan kontrak Desain & Built. Tak kurang dari 3000 pekerja terlibat dalam megaproyek ini! Dan untuk menjaga kualitas (strong), kontraktor diawasi oleh Konsultan Quality Assurance yang selalu mengawasi dan mengaudit hasil pekerjaan serta melakukan tes-tes yang berhubungan dengan hasil pekerjaan teknis.



Mengingat jalan tol ini dibangun di atas laut, maka banyak hal yang harus dipertimbangan. Terutama  kualitas tiang pancang, pengiriman bahan, kedalaman laut dan gangguan cuaca. Sifat air laut yang sangat korosi sangat diperhatikan oleh para pembangun jalan tol ini karena akan sangat berpengaruh pada sekitar 14 ribu tiang pancang yang akan dibenamkan kedalam tanah di dalam laut. Panjang tiang pancang rata-rata 12 meter. Sedangkan kedalaman laut bervariasi antara 5-30 meter. Maka untuk bagian laut yang dalam, tiang pancangnya harus disambung. Bagian sambungan digunakan baja. Sambungan ini kemudian dilas agar menyatu. Untuk mencegah korosi, khusus sambungan dilapisi bahan anti karat yakni: Petro Paste, Petro Tape dan HDPE (High Density Polyethylene) sebuah polimer minyak bumi yang bersifat anti karat.


Selain dikonsep hijau dan kuat, unsur artistik dan keindahan nuansa Bali harus muncul dalam pembangunan jalan tol ini.  Bangunan Bali  harus berunsur Kepala, Badan dan Kaki (seperti konstruksi sebuah bangunan candi). Maka, para arsitek Bali pun dilibatkan untuk mendesain Gerbang Tol Bali. Hasilnya berupa gerbang tol yang sangat eksotik. Modern namun tetap bernuansa Bali. Untuk menunjang pengoperasian dilengkapi pula dengan electronic payment, CCTV serta pengukur kecepatan angin. Ini sangat berguna terutama untuk keselamatan pengendara sepeda motor. Jika angin terlalu kencang, maka jalur sepeda motor pun ditutup sementara. Sungguh, jalan tol Bali sangat berbeda dengan tol lainnya di Indonesia. 


Gubernur Bali Made Mangku Pastika menilai jalan tol Bali Mandara tol terindah di dunia. Menurutnya, jalan tol pertama di Bali ini bisa menjadi destinasi wisata Bali. Sejak awal, kata Pastika jalan tol diatas perairan (JDP) Bali itu dibangun dengan konsep strong, green dan beautiful. "Ini menjadi obyek pariwisata baru bahkan menjadi salah satu ikon baru wisata di Bali selatan," ujar Pastika, dalam sambutannya dalam peresmian tol Bali Mandara, di pintu masuk tol Nusa Dua, Bali, Senin (23/9/2013).


Menurut Pastika, di sekitar alur tol Bali Mandara sudah ditanam sebanyak 16 ribu pohon mangrove yang akan dirawat sampai tumbuh dewasa oleh pengembang. Pembangunan jalan tol sepanjang 12,7 Kilometer dan pertama di Pulau Bali ini, kata Pastika, tidak mengganngu ekosistem, tidak mengganggu aktifitas nelayan, dan penerbangan di atasnya.

"Dari atas tol juga bisa melihat sunset, hijaunya mangrove, lalu lintas pesawat di atas kepala, serta aktivitas nelayan yang gemerlap di malam harinya," ungkap Pastika.(dws) - beritabali.

Bali Mandara

Setelah bekerja selama 14 bulan, siang malam akhirnya jalan tol Bali pun selesai. Sebelum diresmikan, maka Jalan Tol Bali yang merupakan pekerjaan konstruksi tercepat, terkuat dan terindah yang pernah dibuat oleh putra terbaik bangsa ini harus diberi tetenger. Muncul banyak nama untuk jalan tol Bali. Ada nama I Wayan Lotring (mahaguru tari dan tabuh Bali), I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Patih Jelantik, I Gusti Nyoman Lempad (pelukis tersohor Bali abad 20) bahkan Soekarno-Hatta. Namun akhirnya, satu nama yakni Bali Mandara (Maju, Aman,  Damai dan Sejahtera) jadi pilihan. Maka, Senin, 23 September 2013, Jalan Tol Nusa Dua, Ngurah Rai  dan Benoa pun diresmikan.


Siang itu selepas melintas sebentar di Jalan Tol Bali, saya merasakan bahwa sebuah pekerjaan besar sudah ditunaikan oleh putra terbaik bangsa. Secara khusus saya pernah mendengar celoteh Dahlan Iskan, Menteri BUMN yang gesit dan pakar jurnalistik ini. “Proyek Bali Mandara bisa berjalan mulus karena  proyek ini tidak hanya  dibahas di seminar dan rapat. Tapi action dan dukungan seluruh  stake holder-lah (terutama Kementerian PU dan Kementerian BUMN) yang menjadikan megaproyek ini bisa segera dituntaskan. Termasuk peran strategis pemerintah dan pemimpin daerah yang antusias agar pekerjaannya bisa dilaksanakan dan segera diselesaikan”. Selamat untuk putra terbaik bangsa yang telah mampu mengangkat jati diri dan kompetensi bangsa ini di mata dunia. “Impian bangsa kita untuk menguasai teknologi kontruksi dan rekayasa utamanya dalam pembangunan jalan tol di atas laut akhirnya menjadi kenyataan”

14011161051407110063 


Tol Bali Mandara (Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa) sepanjang 12,7 km adalah merupakan jalan tol pertama yang dibangun di atas laut sehingga ada 5 fakta unik mengenai Jalan Tol Bali Mandara diantaranya:

Fakta 1 —> 100% buatan Indonesia
Kenapa? Karena Konstruksi jalan tol ini dibuat oleh konsorsium BUMN dan BUMD Bali. Tak hanya itu, jalan tol sepanjang 12,7 km dan menghabiskan dana 2,4 trilyun ini juga dibiayai oleh sindikasi bank BUMN dan Jasa Marga, tidak melibatkan APBN sama sekali. Juga, material dan teknologi seluruhnya merupakan karya anak bangsa. Mantap bukan…

Fakta 2 —> Pembuatannya sangat singkat
Jalan tol ini mulai dikonstruksi sekitar bulan Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013. Terhitung cepat untuk pengerjaan tol di atas laut tersebut. Tak banyak lahan yang harus dibebaskan karena sebagian besar tol ini menggantung di atas laut. Hanya saja, ada beberapa lahan mangrove yang tergerus pada masa konstruksi, meski demikian sebanyak 16.000 pohon mangrove kembali ditanam setelah konstruksi selesai.

Fakta 3 —> Ternyata sebelumnya bukan bernama Bali Mandara
Awalnya, jalan tol ini dikenal dengan tol atas laut Bali. Orang pun ada yang menyebutnya jalan tol Nusa Dua-Nugrah Rai-Benoa karena menghubungkan ketiga daerah tersebut. Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengusukan 2 nama untuk tol tersebut ke Presiden SBY. Dua nama itu adalah Soekarno Hatta dan Bali Mandara.

Fakta 4 —> Ada jalur sepeda motornya
Ini merupakan jalan di atas laut pertama yang memiliki jalur khusus motor. Motor disediakan jalur khusus sebelah kiri – kanan bahu jalan dan dikenakan tarif Rp 4.000 sekali masuk. Kecepatan motor yang melaju di tol ini ditetapkan 25 km/jam – 40 km/jam.

Fakta 5 —> Dipasang CCTV dan alat pemantau angin selama 24 jam
Karena dibangun di atas perairan, tol ini riskan terhadap besarnya kecepatan angin. Oleh karena itu, dipasanglah alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara untuk menghindari resiko kecelakaan. Tak hanya itu, CCTV 24 jam siap memantau pergerakan kendaraan jika sewaktu-waktu ada kendaraan yang mogok. Jasa Marga pun menyediakan derek gratis.

Berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 507/KPTS/M/2015.
  • Golongan I = Rp11 ribu – seperti kendaraan sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus
  • Golongan II = Rp16.500 – seperti truk dengan dua gandar
  • Golongan III = Rp22 ribu – seperti Truk dengan tiga gandar
  • Golongan IV = Rp27.500 – seperti truk dengan empat gandar
  • Golongan V = Rp33 ribu – seperti truk dengan lima gandar
  • Golongan VI = Rp4.500 – yakni kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor

Untuk sistem pembayarannya ada 2 macam yaitu:
  •  Sistem cash
  • Kartu e-tol Bank Mandiri
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA MOHON KRITIK DAN SARAN
M  A !!!


|ENGLISH VERSION|

Bali, the land of the gods. Mainstay tourist magnet that is worldwide. Famous for its natural beauty and the strong tradition of unwavering era. Not surprisingly, hundreds or even thousands of domestic and foreign tourists every day exploring the corners of the island of Bali. Finally, Bali especially roads in South Bali jammed.

Bali Mandara Toll Road is the name of the first toll road in Bali or even as a first floating toll roads in Indonesia. Stretching along the 12.7 km above the sea, the highway is somewhat unique compared to the existing toll roads in Indonesia because the only existing toll bike lane on the left and right side of the road. Long toll road in Bali is almost the same as the Penang Bridge in Malaysia whose length reaches 13.5 km or 12.9 km Bridgesepanjang Union in Canada.

To break the bottleneck in South Bali is not an easy matter. Many things become obstacles. The availability of land on the mainland so limited. Sometimes also build infrastructure should take into account local knowledge must be maintained. Thus, the government in this case the Ministry of Public Works (PU), the Ministry of SOEs and the Provincial Government of Bali and the Badung regency has made great breakthroughs and remarkable. Build a masterpiece motorway underpass and over the sea.

Dewa Ruci Underpass

One of the worst congestion points in Bali is in Simpang Dewa Ruci. Dewa Ruci called because in the middle of this intersection Dewa Ruci statue stood firm. At this point it is often the case buildup vehicles out into the attractions of Kuta beach. To overcome the impasse, the government of Bali to build underpass connecting lines from Ngurah Rai Airport to the Sunset Road, and vice versa. Each made up of two lines.

Dewa Ruci Underpass who swallow a budget of Rp. 148.3 billion is actually functioning optimally. Complexity and congestion that usually occurs is not seen again. As I passed through this underpass towards Sunset Road, motorcycles and cars seem so comfortable pitch in this region. Remarkably, the designers of this Underpass really is keeping the values ​​of the Balinese traditions and beliefs. Dewa Ruci statue remains in situ. Not shifted at all in spite of the surrounding highway engineering held fairly complicated.

Triangle Connection

Out of the Dewa Ruci Underpass, toll road is actually more accurately described as a bridge over the sea. The length of 12.7 kilometers. There are approximately 10 kilometers above the sea. This is the first toll on the sea in Indonesia. As well as a masterpiece of the nation that is extraordinary and a milestone in the development of road infrastructure in Indonesia. That said, the construction of which is similar to Bali toll road can be found in Malaysia (Penang Bridge length of 12.9 Km) and in Canada (Union Bridge length of 13.5 Km). Another plus, Toll Bali also provides special lines motorcyclists.

Bali toll road, built to connect the Golden Triangle (Triangle Connection) Bali. Namely the Ngurah Rai Airport, the Port of Benoa and Nusa Dua tourist area. During this time the path to Nusa Dua tumplek tin at By Pass I Gusti Ngurah Rai. As a result the road was overload. Thus, congestion occurs everywhere. The solution, if the golden triangle that connects the flow of tourists from Ngurah Rai Bali towards the corners will go more smoothly. Distribution and mobility activities of incoming and outgoing goods in the port of Benoa Bali is also more dynamic. Once expected to increase competitiveness and economic growth in the surrounding community. Similarly, the Nusa Dua tourist area will be more comfortable as a tourist destination in South Bali. Once the ideal place to menghelat tourism activities and the activities of government, national and international.

Green, Strong & Beautiful

Shortly after entering the Bali toll road, I see that this mega project is truly exceptional. It boasts as untrustworthy and if the design and construction of this highway 100 percent is the work of the nation's best sons. This proves that in the field of construction of roads and bridges over the sea, Indonesia is very good.

Bali toll road, built by a consortium of 7 SOEs under coordination PT Jasa Marga Bali Toll. The concept that carried the Green, Strong & Beautiful. Green concept, at least the existence of Bali toll road is expected to remain environmentally friendly. So no less than 16 thousand seedlings of mangroves have been replanted around the motorway. Hopefully, one day on either side of the motorway will appear green Royo-Royo. Strong, quality of work to be under-united. The materials used must be tested and durable age. Beautiful, Bali toll road construction in addition to a great icon should also appear as an icon of tourism in the beautiful eyes of the world.

For the sake of quality, Bali toll road involving a reliable contractor in the country. To expedite the process, the Bali toll road construction package divided by 4 packets. Adi Karya do I. package Waskita work package II and IV. Hutama gets III package. Each package work done in parallel and simultaneously. In total about 2.5 trillion absorb funds. Each contractor surveying, planning and technical design and build their own in accordance with the contract Design and Built. No fewer than 3000 workers involved in this mega! And to maintain the quality (strong), contractor overseen by the Quality Assurance Consultant who always supervise and audit the results of the work and perform tests related to the results of the technical work.

Given the toll road is built on the sea, so many things that have to be considered. Especially the quality of piles, delivery of materials, the depth of the sea and weather disturbances. Nature highly corrosive sea water is considered by the builders of this highway because it will greatly affect the approximately 14 thousand piles which will be embedded into the ground in the sea. Pile length average of 12 meters. While the sea depth varies between 5-30 meters. Then to the deep part, pancangnya pole must be connected. Steel parts used connection. This connection is then welded to blend. To prevent corrosion, connection-specific anti-rust coated materials namely: Paste Petro, Petro Tape and HDPE (High Density Polyethylene) a petroleum polymer that is anti-rust.

In addition to green conceptualized and strong, artistic elements and the beauty of the Balinese should arise in the construction of this highway. Building Bali must berunsur Head, Body and Feet (such as the construction of a temple building). Thus, the architects Bali was engaged to design the Toll Gate Bali. The result is a very exotic toll gate. Modern but still nuanced Bali. To support the operation is also equipped with electronic payment, CCTV as well as measuring wind speed. This is very useful especially for the safety of motorcyclists. If the wind is too strong, then the track motorcycle was closed temporarily. Indeed, Bali toll road is very different to other toll in Indonesia.

Bali Governor Made Mangku Pastika Bali Mandara assess the toll road toll beautiful in the world. According to him, the first toll road in Bali could be a tourist destination Bali. Since the beginning, Pastika said the highway above the waters (JDP) Bali was built with the concept of strong, green and beautiful. "It's become a new tourist attraction even become one of the new icon of tourism in southern Bali," said Pastika, in his speech in the opening of the toll Bali Mandara, at the entrance to the toll Nusa Dua, Bali, on Monday (23/09/2013).

According to Pastika, around the groove toll Bali Mandara has grown by 16 thousand mangrove trees to be treated to grow up by developers. The construction of a 12.7 kilometer toll road and the first on the island of Bali, Pastika said, not mengganngu ecosystem, do not interfere with the activities of fishermen, and flying over it.
"From the toll roads could also see the sunset, the green mangroves, air traffic overhead, and the fishing activities that glitters in the evening," said Pastika. (DWS) - beritabali.

Bali Mandara

After working for 14 months, day and night finally Bali toll road was completed. Before the inauguration, the Bali toll road construction work which is the fastest, strongest and most beautiful ever made by the best sons of this nation must be given tetenger. Appear many names for Bali toll road. There is a name I Wayan Lotring (professor of dance and percussion Bali), I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Patih Jelantik, I Gusti Nyoman Lempad (Bali famous painter of the 20th century) even Soekarno-Hatta. But finally, one name that is Bali Mandara (Advanced, Safe, Peaceful and Prosperous) be an option. So, Monday, September 23, 2013, Toll Nusa Dua, Benoa Ngurah Rai and was unveiled.

That afternoon, after passing briefly in Bali toll road, I feel that a great work already accomplished by the best sons of the nation. In particular I've heard chatter Dahlan Iskan, Minister of SOE's agile and journalism experts. "Bali Mandara project can run smoothly because the project was not only discussed in seminars and meetings. But the action and support of all stakeholders the one (especially the Ministry of Public Works and the Ministry of SOEs) which makes this mega project can be completed. Including the strategic role of government and regional leaders are enthusiastic that the work can be carried out and be resolved ". Welcome to the best sons of the nation that has been able to lift the identity and competence of this nation in the eyes of the world. "The dream of our nation to master the technology primarily in the engineering construction and highway construction over the sea has finally come true"

Toll Bali Mandara (Nusa Dua-Benoa-Ngurah Rai) along the 12.7 km is the first toll road built on the sea so that there are 5 unique facts about Bali Mandara Toll Road include:

Fact 1 -> 100% made in Indonesia
Why? Because the construction of toll roads is made by a consortium of state-owned enterprises and enterprises Bali. Not only that, the highway along the 12.7 km and spent 2.4 trillion, is also financed by a syndicate of state banks and Jasa Marga, do not involve the state budget at all. Also, material and technology entirely is the nation's children. Steady is not ...

Fact 2 -> Pembuatannya very short
This toll road began to be constructed around March 2012 and was completed around May 2013. As of fast motorway construction over the sea. Not much land should be freed because most of the toll is hanging over the sea. However, there are some mangrove land were eroded during construction, however 16,000 mangrove trees re-planted after construction is completed.

Fact 3 -> Turns previously not named Bali Mandara
Initially, the highway is known as the Bali toll over the sea. Single person there who call the toll roads Nusa Dua-Benoa-Nugrah Rai because it connects three regions. Bali Governor Made Mangku Pastika mengusukan 2 names for the toll road to the President. Two names that are Soekarno Hatta and Bali Mandara.

Fact 4 -> There is a bike lane
This is the first road on the sea that has a special line motors. Motor supplied special line to the left - right shoulder of the road and charged Rp 4,000 once entered. Speed ​​motor that drove this highway is set 25 km / h - 40 km / h.

Fact 5 -> Installed CCTV and monitoring tool winds for 24 hours
Because it is built on the waters, the toll is risky to the magnitude of the wind speed. Therefore, dipasanglah gauges wind speed at each toll gate (Nusa Dua, Ngurah Rai, and Benoa). If the wind speed reaches 40 km or more, the highway is closed temporarily to avoid the risk of accidents. Not only that, CCTV 24 hours ready to monitor the movement of vehicles at any time if there is a vehicle that broke down. Jasa Marga also provides a free tow.

According to a decree (SK) Minister of Public Works and Public Housing No. 507 / KPTS / M / 2015.

  • Group I = Rp11 thousand - such as passenger cars, jeeps, pick-ups, small trucks and buses
  • Group II = Rp16.500 - such as trucks with two axles
  • Class III = Rp22 thousand - such as trucks with three axles
  • Group IV = Rp27.500 - such as trucks with four axles
  • Class V = Rp33 thousand - such as the five-axle truck
  • Class VI = Rp4.500 - the two-wheeled motor vehicle or motorcycle


For payment system there are two kinds:

  • Cash Systems
  • E-Toll Card Bank Mandiri
THANK YOU'VE READ PLEASE FEEDBACK AND SUGGESTIONS